Dukungan Agar Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) Propinsi Jawa Barat Tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Perdagangan (Trafiking) Orang Terutama Perempuan Dan Anak Segera Dibahas dan Disahkan


Situasi perdagangan (trafiking) orang terutama perempuan dan anak di propinsi Jawa Barat sangat memprihatinkan. Laporan resmi Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (2005) menunjukkan bahwa Jawa Barat merupakan salah satu daerah pengirim (sending area) trafiking. Sejak 20 Maret 2007, Indonesia telah memiliki UU RI No. 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (UU PTPPO), yang diantaranya mewajibkan Pemerintah Daerah: mencegah terjadinya, membuat kebijakan, program, kegiatan, dan mengalokasikan anggaran untuk pencegahan dan penanganan tindak pidana perdagangan orang (pasal 57).

Rancangan Perda Propinsi Jawa Barat tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perdagangan (Trafiking) Perempuan dan Anak telah berada dalam Program Legislasi Daerah 2007. Artinya pembahasan Raperda ini semestinya dilakukan dan disahkan tahun 2007. Tertunda-tundanya dan tidak menjadi prioritasnya Raperda ini telah mengakibatkan semakin tidak tercegah dan tertanganinya masalah trafiking orang di Jawa Barat. Hal ini sangat menyedihkan dan memprihatinkan.

Anda dapat memberikan dukungan anda agar DPRD dan Pemerintah Propinsi Jawa Barat segera membahas dan mensahkan Perda tentang Pencegahan dan Pemebrantasan Perdagangan (Trafiking) Perempuan dan Anak, yang mengakomodir penegakan hak-hak korban, dengan mengirimkan data diri anda melalui e-mail ke institut_perempuan@yahoo.com. Mohon agar mencantumkan dengan lengkap data diri anda, berupa:

Nama lengkap :
Jenis kelamin :
Usia :
Lembaga (jika ada) :
Alamat :
Alamat email (jika ada) :

Kirimkan dukungan anda melalui e-mail ke :
institut_perempuan@yahoo.com/ institutprmpuan@bdg.com

Atau

Tuliskan dukungan Anda melalui website Institut Perempuan, dibagian Peraturan dan UU dengan cara mengisi kolom Write a Comment, kemudian klik Submit Comment.

Adapun dukungan Anda akan dimasukkan dalam Petisi untuk Mendukung Pembahasan dan Pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) Propinsi Jawa Barat Tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Perdagangan (Trafiking) Orang Terutama Perempuan Dan Anak

Atas perhatian dan kontribusi teman-teman, kami ucapkan terima kasih.

INSTITUT PEREMPUAN

Jl. Dago Pojok No. 85, Coblong
Bandung 40135
Telp: 022-2516378
E-mail: institut_perempuan@yahoo.com
Web: www.institutperempuan.or.id


Write a Comment

Take a moment to comment and tell us what you think. Some basic HTML is allowed for formatting.

Reader Comments

Nama lengkap :Irwan Hidayana
Jenis kelamin :laki-laki
Usia :45 tahun
Lembaga (jika ada) :Puska Gender dan Seksualitas FISIP UI
Alamat :GEdung C lt.3 FISIP UI, Depok 16421
Alamat email (jika ada) :irwan@ui.edu

YLBH PIK Pontianak sangat mendukung segera disahkannya raperda pencegahan dan pemberantasan perdagangan orang terutama perempuan dan anak di Jawa Barat.
Adalah kewajiban pemerintah untuk melindungi warga masyarakatnya terutama perempuan dan anak agar tidak menjadi korban perdagangan, dan ini perlu dituangkan dalam bentuk Perda agar memiliki payung hukum yang jelas. Juga membuka akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk memonitor implementasi perda di lapangan.