Pertemuan Anak-Anak Kp. Kunir, Desa Simpar, Subang


Pertemuan Anak-Anak Kp. Kunir, Desa Simpar, Subang
Pembukaan Rumah Baca Anak Bangsa
Oleh: Donna Siahaan

INSTITUT PEREMPUAN – Bandung, Senin, 2 Juli 2007, telah diadakan pertemuan dengan kelompok anak-anak Kp. Kunir, Desa Simpar, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang. Pertemuan yang diadakan di kediaman Teti, anggota SPS (Serikat Perempuan Subang), mengagendakan pebentukan rumah baca. Pertemuan yang difasilitasi INSTITUT PEREMPUAN ini dihadiri oleh 14 (empat belas) anak.

Berkurangnya minat baca anak-anak zaman sekarang, mendorong INSTITUT PEREMPUAN, bekerja sama dengan Forum Masyarakat Anti Trafiking (Format) Subang dan SPS untuk bersama-sama mendirikan rumah baca. Donna, Staf INSTITUT PEREMPUAN, mengatakan kepada anak-anak yang hadir, pentingnya menanamkan minat membaca dari usia dini karena dengan membaca sangat membantu mengetahui hal-hal yang belum pernah diketahui melalui sekolah.

“Apa sih manfaatnya untuk kita ikut acara seperti rumah baca ini?” tanya Donna. Faiz, siswa kelas 3 (tiga) sekolah dasar mengatakan “untuk belajar membaca dan berkumpul bersama teman-teman…”. Teti, yang juga turut hadir dalam pertemuan tersebut menyebutkan “Selain belajar membaca dan berkumpul bersama teman-teman, ikut kegitatan seperti ini juga akan membantu kita berlatih kepemimpinan seperti dalam suatu organisasi.” “Kita juga akan belajar untuk bertanggung jawab, dengan memelihara dan menjaga buku yang menjadi milik rumah baca” sebut Donna.

Anak-anak yang hadir menyepakati rumah baca dinamakan “Rumah Baca Anak Bangsa”. Pengurus rumah baca diantaranya, sebagai ketua: Ima, Wakil Ketua: Fajriatun Istianah (Iis), Sekretaris: Mela Irmayanti, Bendahara: Sari. Jadwal buka rumah baca: Jumat, dimulai pukul 14.00-16.00 WIB, Minggu, dimulai pukul 08.00 – 11.00 WIB.

Sebagai penerus bangsa, sudah seharusnya pendidikan anak dipenuhi agar anak bisa berkembang dengan baik. Hal ini didorong karena pendidikan adalah salah satu hak anak. Pendidikan anak tidak hanya terbatas  Melalui Rumah Baca Anak Bangsa ini, diharapkan kelak akan tertanam pada diri setiap anak khususnya anak-anak rumah baca Anak Bangsa bahwa dengan membaca, anak-anak dapat menemukan dan mengetahui hal-hal yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya.


Write a Comment

Take a moment to comment and tell us what you think. Some basic HTML is allowed for formatting.

Reader Comments

Be the first to leave a comment!