Peluncuran Buku “The Bright Days – Hari-Hari Cerah”, Karya Arleen Djohan


Buku setelah 70 halaman ini ditulis oleh Founder Yayasan Glaukoma Indonesia (YGI), Arleen Djohan, yang juga adalah seorang penyandang glaukoma. Terus berkarya, bahkan berbuat lebih dan lebih untuk sesama, itulah semangat yang terlihat dari Arleen Djohan. Semangat itu pulalah yang hendak dibagikannya kepada pembaca bukunya. Hari-hari cerah, berlawanan dengan kegelapan yang dialami penyandang glaukoma, apalagi bila harus berakhir dengan kebutaan permanen.

 

Glaukoma adalah salah satu gangguan penglihatan yang merupakan penyebab kebutaan kedua terbesar di dunia dan di Indonesia, setelah katarak. Kebutaan akibat glaukoma bersifat permanen dan tidak dapat diperbaiki lagi (irreversible).  Karena itulah penyakit glaukoma sering disebut si “pencuri penglihatan”. Diperlukan pencegahan glaukoma yang efektif dan terjangkau bagi seluruh masyarakat, guna mencegah glaukoma. Pencegahan dapat dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas, tentang pentingnya deteksi dini penyakit glaukoma. Deteksi dini menjadi sangat penting karena glaukoma dikenal sebagai silent disease, yaitu penyakit yang tidak menampakkan dan menimbulkan gejala. Karena itu deteksi dini dan tindak lanjutnya harus dilakukan agar penderita dapat terhindar dari kebutaan permanen.

 

Yayasan Glaukoma Indonesia yang digagas dan didirikan oleh Arleen Djohan, pada tahun 2018, mengadakan Quiz World Glaucoma Week 2018, sebagai salah satu bentuk sosialisasi mengenai penyakit mata glaukoma. Sejak tahun 2009, Yayasan Glaukoma Indonesia telah melakukan berbagai karya nyata bagi penyandang glaukoma maupun masyarakat pada umumnya.

 

Buku yang diluncurkan bertepatan dengan malam Grand Final Quiz World Glaucoma Week 2018 dengan tema “Mata Kita Jendela Dunia” ini berisi pengalaman dan refleksi Arleen Djohan, beserta puisi dan lukisan-lukisannya. Melalui Buku ini, pembaca akan diajak memahami penyakit glaukoma, berteman dengannya, dan hidup memberi arti bagi sesama. Ya, Arleen Djohan membuktikan bahwa meski ia menyandang glaukoma, berbagai karya nyata dan pelayanan pada sesama ia lakukan tanpa meminta balasan apapun.

 

Buku ini juga disertai tulisan dari Dr. Andika Prahasta Gandasubrata, dr, SpM(K), MKes, yang adalah Ketua Seminat Glaukoma Perdami, berisi tanya jawab tentang glaukoma. Selamat untuk terbitnya Buku ini “The Bright Days – Hari-Hari Cerah” karya Arleen Djohan. Dengan membaca Buku ini, semoga semakin banyak orang yang bertambah pengetahuan dan kesadarannya terhadap glaukoma. Dan semoga semakin banyak pi hak-pihak yang peduli terhadap permasalahan penyakit glaukoma ini [Val].

Information and Links

Join the fray by commenting, tracking what others have to say, or linking to it from your blog.


Other Posts
Press Release Festival Pekerja Ungkap Kondisi Kerja Kekinian
Pentingnya Perlindungan Buruh Migran PRT Indonesia

Write a Comment

Take a moment to comment and tell us what you think. Some basic HTML is allowed for formatting.

Reader Comments

Be the first to leave a comment!