Institut Perempuan Selenggarakan In House Training dan Pendampingan Penulisan Kreatif bagi Perempuan Pedesaan


Bandung, INSTITUT PEREMPUAN: Pada Rabu, 11 Juni 2014 di Desa Kanci Kulon Kab. Cirebon, para anggota Koperasi Perempuan “Annisakembali berkumpul untuk melanjutkan proses pengenalan mengasah kemampuan membaca dan menulis. Acara ini merupakan kelanjutan dari Lokakarya Penulisan Kreatif yang diselenggarakan pada Januari 2014. Pada pertemuan kali ini, peserta yang merupakan perempuan pedesaan yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan pedagang kecil, membahas tugas pendahuluan berupa sejumlah pertanyaan. Peserta tampak antusias dan mulai dengan menceritakan kembali dengan gaya bahasa sederhana yang kadang diselipi bahasa lokal Cirebon dan beberapa pertanyaan mengenai tema, hal menarik yang dibaca, dst.

Peserta pun memberikan komentar mengenai artikel tersebut dan kendala dalam membaca. Adanya beberapa istilah asing yang belum pernah mereka dengar menjadi hambatan. Beberapa komentar yang diajukan peserta mengenai masalah sosial yang terdapat dalam artikel. Beberapa dari peserta mengaku termotivasi dengan isi dari artikel yang mereka terima. 

In-House Training ini dilanjutkan dengan pendampingan menulis, dimana peserta didampingi secara personal ataupun dalam kelompok kecil untuk membaca artikel berbeda yang telah disiapkan. Beberapa hal yang dibahas adalah apa tema menarik yang saya baca, tema menarik dari tulisan, jumlah perempuan dan jumlah paragraf dalam tulisan, apa pesan yang ingin disampaikan penulis, siapa tokoh utama dalam tulisan yang ibu baca, apa kekuatan dari tulisan ini, dsb.

Teknik sederhana ini mengajarkan mereka untuk meresensi sebuah artikel sehingga memancing minat baca, melatih pemahaman, dan membantu melatih kemampuan mengungkapkan pemikiran dalam bentuk tulisan. Ketika berkunjung dan melakukan asistensi kepada peserta, mereka sangat bersemangat dan berusaha memahami setiap tulisan, menceritakan kembali dengan baik, menanyakan langsung istilah-istilah asing dan berani mengungkapkan apa yang ada di pikiran mereka. Sebuah kemajuan dan pemberdayaan yang sangat berharga bagi perempuan akar rumput (grassroot), dilakukan dengan hal sederhana namun konsisten. (pd/sa)

 


Write a Comment

Take a moment to comment and tell us what you think. Some basic HTML is allowed for formatting.

Reader Comments

Be the first to leave a comment!