INSTITUT PEREMPUAN FASILITASI PERTEMUAN PENULISAN KREATIF BAGI PEREMPUAN PEDESAAN


BANDUNG: Para perempuan anggota Pra Koperasi Annisa Desa Kanci Kulon, Karang Pojok, Kab. Cirebon pada tanggal 27 Mei 2014 berkumpul mengadakan pertemuan. Agenda kali ini membicarakan kondisi koperasi saat ini. Pada pertemuan ini, mereka melakukan review dan tindak lanjut pasca Lokalatih “Menulis Kreatif untuk Perempuanyang sebelumnya dilakukan pada Januari 2014. Pada review kali ini, peserta bersama-sama mengingat kembali tentang materi pelatihan dan tulisan pengalaman yang pernah ditulis. Awalnya, rata-rata peserta mengaku bingung mengapa mereka harus menulis. Namun, setelah dipancing dengan sejumlah kata-kata mereka mulai berani berkata seperti “Saya kasihan, “Saya pengen orang lain tahu, “Siapa tahu ada yang peduli, “Saya dikecewakan”, dll.

Peserta tampak antusias ketika mengeksplor tujuan menulis, dan mereka mengaku merasakan ada setitik rasa lega ketika selesai menulis dan mencurahkan isi hati.

Fasilitator Sri Agustini menggali beberapa manfaat menulis seperti menyuarakan kondisi ketidakadilan, membantu proses pemulihan kepada korban kekerasan, memberdayakan diri, dan menyuarakan perubahan. Beberapa di antara mereka juga mengaku kesulitan untuk menuangkan isi pikiran ke dalam rangkaian kata dan memilih kata-kata yang tepat. Peserta pada akhinya sepakat untuk memulai prose belajar menulis kreatif pada minggu-minggu selanjutnya.

Pada akhir pertemuan, Institut Perempuan membagikan beberapa tulisan pendek berupa artikel majalah dan koran. Tulisan tersebut merupakan tugas pembuka bagi peserta untuk memulai proses belajar penuliskan kreatif.

Menulis bukanlah hal yang mudah. Tetapi menulis adalah salah satu cara untuk memberdayakan manusia. Kelanjutan dari program ini tentu merupakan tantangan besar. Akan muncul berbagai halangan namun adanya semangat menggelora dari perempuan-perempuan desa yang telah berorganisasi ini, tentunya segala rintangan akan dapat diatas. Setiap tulisan pasti menarik, termasuk cerita dari para perempuan desa ini. Tulisan apa yang kira-kira akan mereka tulis? Tentunya, akan menarik mengamati proses belajar para perempuan pedesaan ini.


Write a Comment

Take a moment to comment and tell us what you think. Some basic HTML is allowed for formatting.

Reader Comments

Be the first to leave a comment!