Perayaan Hari Anak Nasional 2013 di Desa Kanci Kulon, Cirebon: “Melatih keberanian dan percaya diri anak”


INSTITUT PEREMPUAN – Pada Juli 2013, INSTITUT PEREMPUAN mendampingi rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional 2013 yang diselenggarakan oleh Pra Koperasi Annisa di Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak pra sekolah sampai dengan SMP.

Melalui kegiatan Hari Anak Nasional ini, Pra Koperasi Annisa ingin mengkampanyekan pada masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak. Salah seorang pengurus Pra Koperasi Annisa, Ibu Mutiara mengatakan, bahwa beliau sangat prihatin melihat masih rendahnya kesadaran pendidikan di lingkungan mereka. Orangtua cenderung lebih memikirkan bagaimana memberi makan sedangkan masalah pendidikan diserahkan pada pihak sekolah dan guru mengaji. Padahal waktu belajar anak di sekolah hanya beberapa jam saja, lanjutnya.

Pada hari pertama rangkaian perayaan ini yang dilakukan pada 21 Juli 2013, berbagai perlombaan digelar seperti lomba mewarnai, lomba menggambar, lomba menyanyi dan juga lomba membaca pidato. Tema yang diambil untuk lomba mengambar adalah “cita-citaku”, dimana menurut Pra Koperasi Annisa, anak harus mulai memikirkan cita-cita mereka. Di akhir acara, dipentaskan permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak dan ibu-ibu anggota Pra Koperasi Annisa. Mengambil tempat di sebuah lapangan milik warga setempat, permainan tradisional yang dimainkan diantaranya adalah jarakan, pyak-pyak eli-eli, pohon dan tupai, dan domikado. Meski kegiatan ini berlangsung di tengah pelaksanaan ibadat puasa, namun peserta tetap bersemangat mengikuti kegiatan ini sampai selesai.

Pada hari kedua, anak-anak diajak untuk membaca buku. Pada kesempatan ini, INSTITUT PEREMPUAN menyerahkan buku-buku bacaan untuk kelompok bermain dan belajar anak yang diinisiasi oleh ibu-ibu anggota Pra Koperasi Annisa. Buku-buku ini merupakan hasil penggalangan bantuan buku dari beberapa lembaga dan donatur individual. Selain dapat digunakan untuk kelompok bermain dan belajar anak, buku-buku bacaan ini juga dimanfaatkan oleh pelajar SD dan SMP untuk dibaca sambil menunggu waktu berbuka puasa. INSTITUT PEREMPUAN berharap dengan adanya buku-buku ini dapat menumbuhkan budaya membaca anak sejak usia dini.

Pada hari ketiga, Pra Koperasi Annisa mengundang orangtua calon anak didik untuk membicarakan menganai kelompok bermain dan belajar anak. Hasil dari pertemuan ini, ditentukan bahwa kegiatan belajar akan dimulai pada 19 Agustus 2013. Selain membahas pengenai persiapan, pada hari itu juga sudah ada sepuluh orang calon murid yang mendaftar bergabung di kelompok bermain dan belajar anak ini.

Ajang perayaan Hari Anak Nasional di Desa Kanci ini menyisakan pula cerita inspiratif dari Pra Koperasi Annisa. Perayaan Hari Anak ini merupakan inisiatif murni dari Pra Koperasi Annisa yang digagas oleh Ibu Mutiara. Persiapan acara pun dilakukan secara gotong royong oleh para anggota Pra Koperasi Annisa. Dua hari sebelum kegiatan, para pengurus Pra Koperasi Annisa berkumpul di rumah Ibu Ani (Ketua Pra Koperasi Annisa), membahas mengenai persiapan acara. Selain membahas mengenai sosialisasi kegiatan ini kepada anak, mereka juga membagi tugas siapa yang akan mendampingi kegiatan lomba dan menjadi juri, serta jenis permainan tradisional yang akan dipentaskan. Lispianah (INSTITUT PEREMPUAN) memuji inisiatif dan kemandirian dari Pra Koperasi Annisa yang mampu merencanakan dan melaksanakan rangkaian Hari Anak Nasional di Desa Kanci Kulon, Cirebon. Untuk selanjutnya, Pra Koperasi Annisa sebagai elemen gerakan perempuan akar rumput dapat meningkatkan advokasi dan pengorganisasian bagi isu-isu perempuan di desanya.


Write a Comment

Take a moment to comment and tell us what you think. Some basic HTML is allowed for formatting.

Reader Comments

Be the first to leave a comment!