Latihan Dasar Kepemimpinan Jema’ah Perempuan Kalimekar


Oleh: Rie 

Pada 18 Juli 2010, Jemaah Perempuan kalimekar (JPK) mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan, di Majelis Jalan Pesantrean, Kalimekar, Gebang, Cirebon Kegiatan ini merupakan agenda  JPK yang sudah tiga bulan tertunda karena kesibukan dari anggotanya. 

Latihan dasar kepemimpinaan dengan tema Membangun Organisasi Perempuan ini, diikuti oleh 16 (enam belas) orang peserta yang terdiri dari sepuluh anggota JPK dan enam peserta lainnya adalah undangan yang merupakan mantan buruh migran di kalimekar. 

Fasilitator dari kegiatan ini adalah Ari, staf pendidikan Institut Perempuan, menurut Ari, acara ini dirancang dalam suasana pelatihan santai tapi serius, ibu-ibu yang mengikuti acara ini tetap diperbolehkan membawa anak-anaknya yang tidak bisa ditinggal dirumah, jadi yang hadir di ruang kegiatan tidak hanya ibu-ibu, tetapi juga anak balita bahkan bayi turut serta. “ kita tidak bisa pungkiri, ibu-ibu di pedesaan khususnya, tidak bisa melepaskan kegiatan domestiknya begitu saja, termasuk kegiatan mereka untuk menjaga anak-anaknya, jadi biar ibu-ibu tetap bisa belajar dan mengembangkan diri tanpa harus meninggalkan anak-anak mereka yang masih perlu dijaga, jadi pada pelatihan kali ini ibu-ibu diperbolehkan membawa anak mereka” kata Ari. 

“Pelatihan ini jadi unik, ada ibu-ibu yang mengikuti acara ini sambil menyusui, ada juga yang sambil menyuapi anaknya”kata Ari,  “ walapun jadi tampak sedikit gaduh tapi selama pelatihan berlangsung ibu-ibu tetap mengikuti dengan baik” tambahnya lagi. 

Materi yang diberikan pada latihan dasar kepemimpinan ini adalah seputar organisasi, yaitu bagaimana membangun organisasi perempuan, bagaimana menjaga keberlangsungan organisasi dengan baik, serta kunci membangun kerjasama dalam organisasi. 

“Selain sebagai bekal anggota untuk memahami apa itu organisasi dan bagaimana menjalankan organisasi dengan baik, lewat kegiatan ini diharapkan ibu-ibu juga memiliki kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum, percaya diri untuk mengemukakan pendapat serta mampu bekerjasama dengan baik serta memahami pentingnya pembagian tugas/peran dalam organisasi” kata Ari menyampaikan tujuan dari acara ini. 

“Acara ini merupakan agenda JPK, sebelum diadakannya pergantian pengurus, semoga dengan pelatihan ini anggota JPk bertambah dan untuk anggota lama pelatihan ini menjadi modal mereka menjalankan kepengurusan berikutnya” kata Ibu Masiatul Maola, ketua JPK periode 2009-2010.


Write a Comment

Take a moment to comment and tell us what you think. Some basic HTML is allowed for formatting.

Reader Comments

Be the first to leave a comment!