Site Archives

Memberi Tanpa Embel-Embel


R. Valentina Sagala
 
Orang tua saya sangat menekankan penanaman nilai-nilai kemanusiaan kepada anak-anaknya sejak kecil. Dalam gambaran sederhana mereka, menjalani hidup benar sesuai dengan nilai-nilai cinta kasih, akan membuat hidup anak-anaknya berarti. Salah satunya, saya dan adik-adik dididik untuk mensyukuri hidup yang dikaruniai Tuhan, dan karenanya sudah semestinya berkemauan ‘memberi’ bagi sesama.
Banyak pelajaran penting tentang […]

Mengapa Ada Cinta?


R. Valentina Sagala

Tidak sulit menemukan kata cinta diucapkan di banyak kesempatan. Lagu-lagu bertema cinta dengan mudah ditemui di khazanah lagu berbahasa Indonesia maupun daerah. Dunia perfilman nasional belum bosan mengangkat tema cinta ke layar lebar. Cerita pendek, novel, hingga puisi pun sejak dulu hingga kini (dan mungkin pada masa akan datang) masih terus mengangkat tema […]

Awal yang Baik


R. Valentina Sagala
 
Ada tradisi di keluarga besar saya tepat di detik-detik menjelang awal tahun baru. Bukan baju baru tentu saja, melainkan berkumpulnya sanak keluarga. Selain hangat bercengkerama ditemani kudapan ringan, diadakan semacam acara saling berbagi. Acara biasanya diisi dengan memberi kesempatan setiap orang berbagi perasaan dan pikiran. Sebuah suasana kebersamaan dan keintiman.
Wajar saja yang […]